Profil Kecamatan

 Home / Profil / Profil Kecamatan
 

Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru adalah merupakan salah satu Kecamatan yang terbentuk berdasarkan PP.NO.19 Tahun 1987, tentang perubahan batas antara Kota Pekanbaru dengan Kabupaten Kampar pada tanggal 14 Mei 1988 dengan luas wilayah ± 199.792 km2. Kecamatan Tampan merupakan daerah bertopografi datar dengan letak geografis antara 0042’ - 0050’ Lintang Utara dan Antara 101035’- 101043’ Bujur Timur. Kecamatan Tampan terbentuk dari beberapa Desa dan Kecamatan dari Kabupaten kampar yaitu, Desa Simpang Baru dari Kecamatan Kampar, Desa Sidomulyo Barat , Desa Labuh Baru dan Desa Tampan dari Kecamatan Siak Hulu. 

 
Kecamatan Tampan merupakan salah satu kecamatan di wilayah Kota Pekanbaru, terdiri atas 131 RW dan 574 RT. Luas wilayah Kecamatan Tampan adalah 59,81 km2 dengan Jumlah 9 Kelurahan Yaitu Kelurahan Simpang Baru, Kelurahan Sidomulyo Barat, Kelurahan Tuah Karya, Kelurahan Delima, Kelurahan Tuah Madani, Kelurahan Sialang Munggu, Kelurahan Tobek Godang, Kelurahan Bina Widya dan Kelurahan Air Putih.
 
Pada tahun 2003 Pemerintah Kota Pekanbaru mengeluarkan Perda No. 03 Tahun 2003, wilayah Kecamatan Tampan di mekarkan menjadi 2 Kecamatan dengan batas-batas sebagai berikut, sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Marpoyan Damai, sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Kampar, sebelah utara bebatasan dengan Kecamatan Payung Sekaki dan sebelah selatan bebatasan dengan Kabupaten Kampar. Dengan meningkatnya kegiatan pembangunan menyebabkan meningkatnya kegiatan penduduk di segala bidang yang pada akhirnya meningkatkan pula tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap penyediaan fasilitas dan utilitas perkotaan serta kebutuhan lainnya. Untuk lebih terciptanya tertib pemerintahan dan pembinaan wilayah yang cukup luas, maka di bentuklah Kelurahan baru dengan Perda Kota Pekanbaru No.4 Tahun 2016 menjadi 9 Kelurahan. 
 
Batas-batas wilayah Kecamatan Tampan adalah Sebelah timur: berbatasan dengan Kecamatan Marpoyan Damai, Sebelah barat: berbatasan dengan Kabupaten Kampar, Sebelah utara: berbatasan dengan Kecamatan Payung Sekaki, Sebelah selatan: berbatasan dengan Kabupaten Kampar, Jumlah penduduk Kecamatan Tampan mencapai 287.801 jiwa pada tahun 2017. Angka ini mengalami peningkatan sebesar 6,96 persen dari tahun 2016. Kepadatan penduduknya mencapai 4.811 jiwa/km2 dengan keadaan social nya sebagai berikut :

 

       1. Pendidikan

Pendidikan di Kecamatan Tampan disajikan mengenai data pendidikan meliputi TK 75 sekolah, SD Negeri 21 sekolah dan SD swasta 32 sekolah,, SMP Negeri 4 sekolah dan SMP Swasta 19 sekolah serta SMA Negeri2 sekolah dan SMA Swasta 9 sekolah ada juga SMK dengan SMK negeri 2 sekolah dan SMK swasta 16 sekolah.
 

        2. Tempat ibadah

Data dari Kementerian Agama menunjukkan bahwa pada tahun 2017 di Kecamatan Tampan terdapat 326 tempat ibadah, baik itu masjid, surau/mushalla, gereja, dan vihara/kelenteng.
 

        3. Kesehatan

Pembangunan bidang kesehatan bertujuan agar semua lapisan masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan secara mudah, murah dan merata. Dengan tujuan tersebut diharapkan akan tercapai derajat kesehatan masyarakat yang baik. banyaknya tenaga kerja kesehatan menurut kelurahan di kecamatan tampan adalah dokter sebanyak 53 orang,mantri atau perawat sebanyak 49 orang,bidan 64 orang dan tenaga kesehatan lainnya sebanyak 62 orang.
 
Kecamatan Tampan juga memiliki beberapa potensi untuk memajukan kehidupan yaitu diantaranya SDA yang dimiliki seperti pertanian dan peternakan, industry kecil maupun industry besar sertaSalah satu unsur peningkatan perekonomian suatu daerah adalah sarana perekonomian daerah tersebut, yang mana pada tahun 2016 jumlah sarana perekonomian di Kecamatan Tampan mengalami penambahan dari tahun sebelumnya. Dapat dilihat contohnya dari jumlah pasar rakyat, pada tahun 2015 terdapat 3 pasar rakyat di Kecamatan Tampan, pada tahun 2016
 
jumlahnya meningkat cukup pesat menjadi 11 pasar. Begitu pula dengan sarana perekonomian jenis Bank/Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang pada tahun 2015 berjumlah sebanyak 28 meningkat menjadi 29 bank di tahun 2016 dan perkembangan perkembangan perekonomian lainnya.